Jumat, 30 November 2012


Assalamu’alaikum Wr.Wb

Hari ini, Minggu 25 November 2012 ini hari HUT PGRI yang pertama yang aku rasakan bersama guru-guru. Biasanya aku ikut merayakan HUT PGRI sebagai siswa, tetapi kini lain, aku merasakan HUT PGRI sebagai guru.

Aku kini tergabung dalam dewan guru SMP IT Nurul Ilmi ‘Aini, aku diamanahkan sebagai guru Kepanduan Pramuka SIT. Meskipun katanya terbilang sama, tetapi ada bagian-bagian yang jelas beda dengan Gerakan Pramuka pada umumnya.

Dalam HUT PGRI, aku baru mengetahui ternyata ada rangkaian-rangkaian acara yang ditekankan oleh Dinas Pendidikan. Baik itu Upacara Kepala Sekolah, Lomba-lomba gerak jalan dan juga Upacara hari senin pun dwan guru yang bertindak sebagai petugas upacaranya.

Hari ini, Pagi tadi tepat pukul 06.00 WIB aku berangkat dari rumah untuk mengikuti rangkaian-rangkaian acara tersebut, yaitu lomba gerak jalan. Dimana disitu aku bertindak sebagai pemimpin barisan. Hmmm... lucu sekali, aku sebenarnya tidak pede ketika aku harus mengatur barisan dan mengarahkan barisan dimana didalam barisan-barisan itu adalah orang-orang yang lebih tua dari aku. Tapi mau dikata gimana lagi (lagu yovie nuno edit dikit. Haha) yasudah, kita laksanakan saja tugas ini sampai tuntas.

Dengan pakaian atas seragam pembina kepanduan SMP IT Nurul Ilmi ‘Aini (orange) dipadukan dengan rok dan celana dasar coklat pramuka. Tapi si bu Ida malah salah kostum, pakai rok krem (hhhh). Jilbab ibu-ibunya pun diseragamkan dengan warna coklat sewarna dengan warna celana/rok. Kami kompak menggunakan sepatu hitam. Dengan kesewarnaan ini terasa serasi,kami bak cahaya matahari petang menjelang adzan maghrib dilautan yang sunset terlihat dengan jelas disana. Indah sekali ketika kami berpas-pasan dengan guru-guru lain yang memakai seragam biru.

Namanya juga sedang merintis pendidikan yang disiplin, jadi yaaaaaaaahhhh wajar lah dalam rangkaian acara keguruan ini saja pun acaranya agak ngaret. Kami berada di 2 barisan agak terakhir ketika itu. Kami santai saja, kami pun bisa bersenda gurau, sempet kami sedikit mengeksiskan diri. Kami  narsis, foto-foto, tapi sesuai survey ternyata ibu-ibu itu jauh lebih jago menarsiskan diri didepan kamera (hhehehehe). Karena tidak mau kalah, saya yang masih berjiwa mudpun ikut gabung dalam foto.



“Hidup guru”.... (hidup)

“Selamat HUT PGRI”.... (tepuk tangan)

“3....2.....1..... YAKK!!”

Kami pun melangkahkan kaki pertama didepan panitia start. Dengan  iringan doa awal kami berangkat, kami melangkahkan kaki kiri yang pertama dan berbarengan dengan tangan kanan kedepan. Awal kami melangkah saja kami sudah didahului dari guru-guru sekolah lain. Awal yang buruk buat kami, langkah kami acak-acakan, barisan tidak kompak, pokoknya diluar didugaan dari semula.Bu Ida pun melepaskan sepatunya yang kemmudian dititipkan di tas aku. Melintasi juri pertama oke.. kedua oke... ketiga lumayan.. keempat cukup... kelima aduhhhh.... dan ketika 100 meter sbelum kami sampai garis finish kami baru menemui langkah kompak kami. “kiri..kiri...kiri...kanan...kiri”.





Alhamdulillah sampai juga. Air minum satu botol pelepas dahaga dan roti sebagai suplay energi baru dilengkapi dengan yakult. Kencang kami rasakan degupan jantung ketika itu. Tapi senda gurau tetap ada. Kata-kata yang entah lucu atau tidak pun terasa begitu lucu-lucu saja. Selesai itupun kami lanjut makan bubur dan tekwan. Waaahh enak, seru dan lucu.
Setelah itu kamipun pulang kerumah masing-masing. Tak lupa kami besok akan menjadi petugas ketika upacara bendera.







Terima kasih wahai Zat yang mengizinkan kami untuk bertemu. Terima kasih wahai Zat yang menjaga iman kami. Terima kasih wahai Zat yang kami pasrahkan hidup dan mati kami. Semoga ini dapat menguatkan ukhuwah diantara kami. Semoga acara ini dapat menunjang kepercayaan diri diantara kami ketika mengajar. Semoga gerak jalan ini sebagai penguat jasadiyah kami. Semoga jalannya kami tadi sebagai bentuk rasa syukur kami. Semoga jalannya kami tadi sebagai bentuk sedekah dari sendi-sendi kami. Semoga keringat yang keluar dari tubuh kami sebagai saksi bahwa keringat itu keluar dari niat yang baik, bukan dengan niat yang buruk. 
Amin.....amin Ya Rabbal ‘alamin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar